Kapasitas Talenta kita

Ketika di sekolah/universitas, mungkin kita sering mendengar keluh kesah teman kita tentang nilai/grade exam. Banyak yang merasa sudah berusaha, tetapi masih saja nilainya kurang memuaskan dibandingkan teman-teman lain, sehingga mungkin ada beberapa yang putus asa dan menjadi malas belajar.

Itulah ukuran dunia. Dunia mengukur melalui nilai kita, membandingkannya dengan orang lain apakah lebih rendah atau lebih tinggi. Dunia akan menghargai orang  yang mendapatkan nilai tinggi, entah dalam ujian maupun kesuksesan dalam pekerjaan.

Tetapi Tuhan Yesus mengatakan hal lain. Dia tidak membandingkan nilai kita dengan nilai orang lain. Kita bisa melihat hal ini dalam perumpamaan tentang talenta di Matius 25:14-30 dan Lukas 19:12-27. Hamba yang diberikan 5 talenta menghasilkan 5 talenta, dan hamba yang diberikan 2 talenta menghasilkan 2 talenta, dan dua-duanya adalah hamba yang setia di mata Tuhan.

Untuk apakah kita membanding-bandingkan nilai/kesuksesan kita dengan orang lain? Tuhan memberikan jumlah dan jenis talenta yang berbeda kepada masing-masing dari kita. Ambil contoh dalam suatu ujian, Alpha diberikan kemampuan untuk mendapatkan nilai maksimum 60 dari 100, tetapi Beta diberi kemampuan untuk mendapatkan 100 dari 100. Kapasitas mereka berdua berbeda dan tidak bisa saling membandingkan nilai.

Jadi dari mana kita bisa mengukur diri kita sendiri? Dalam contoh tadi, kalau dalam ujian tersebut Alpha belajar dan berdoa dengan sungguh-sungguh, menggunakan setiap kemampuan yang telah Tuhan berikan kepadanya, maka ia mendapatkan nilai 60 dari 100. Tetapi Beta mengetahui kalau dia itu pintar, bisa mendapatkan nilai bagus dengan mudah, jadi dia belajar dengan tidak serius dan alhasil dia mendapatkan nilai 65 dari 100. Disini teman-temannya yang melihat nilai mereka akan menganggap Beta lebih pintar dari Alpha. Tetapi tentu kita tahu fakta yang sesungguhnya: Alpha menggunakan kapasitas talentanya dengan maksimum sedangkan Beta tidak.

Dari contoh ini kita dapat melihat hal yang seharusnya menjadi tolak ukur kita. Hal itu adalah diri kita sendiri, yaitu seberapa sukseskah kita memaksimalkan kapasitas yang telah Tuhan berikan. Bahkan lebih dari itu, jadikanlah diri kita terus bertumbuh dari diri kita di masa lampau. Selain itu kalau kita tidak sukses dalam suatu bidang, mungkin saja Tuhan telah memberikan talenta di bidang lain pada kita.

Tetapi mungkin kita berkata: Kita tidak tahu berapa jumlah dan jenis talenta yang telah Tuhan berikan. Untuk jenisnya, cobalah maka engkau akan menemukan. Untuk jumlahnya memang kita tidak tahu, karena hanya Tuhan yang tahu. Tetapi ada 1 hal yang bisa kita lakukan: melakukan yang terbaik dan maksimum walaupun tidak mengetahui jumlahnya.

Matius 25:22-23: Lalu datanglah hamba yang menerima dua talenta itu, katanya: Tuan, dua talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba dua talenta. Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

Kesimpulannya:

1. Kita tidak bisa membandingkan nilai kita dengan teman kita dan mengambilnya sebagai tolak ukur.

2. Tolak ukur kita adalah kapasitas kita dan diri kita di masa lampau.

3. Kita mungkin tidak tahu jumlah talenta kita, tetapi kita bisa melakukan yang terbaik walaupun tidak tahu jumlahnya berapa.

Excel to be excellent for the glory of the Most Excellent God

Advertisements
Published in: on November 13, 2008 at 8:34 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://ricksensw.wordpress.com/2008/11/13/kapasitas-talenta-kita/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: