Cincin Gyges

Plato menulis dalam bukunya, The Republic, tentang cincin Gyges, yaitu cincin yang membuat si pemakainya dapat menghilang. Bayangkan cincin itu benar-benar ada, dan kita adalah satu-satunya orang di dunia ini yang memilikinya. Kita dapat menghilang dari pandangan semua orang. Apa yang akan kita lakukan?

Mungkin kita akan tergoda untuk mengintip hal-hal yang tidak senonoh, mengisengi teman kita yang jahat, atau bahkan membunuh orang yang tidak kita suka. Kita juga bisa mencuri barang-barang di pasar, mengambil barang-barang yang kita sukai yang sebelumnya tidak bisa kita peroleh. Kita bisa melakukan banyak hal seenaknya. Toh tidak akan ada siapapun yang tahu kalau pelakunya adalah kita.

Ketika tubuh fisik kita menghilang, justru esensi moral asli kita akan muncul. Esensi moral kita selama ini mungkin saja tertutupi karena “diawasi/diperhatikan” oleh orang tua, teman-teman, dan orang-orang lain di sekitar kita. Kita tidak mau kelihatan amoral dihadapan orang lain, tetapi di dalam diri kita yang sebenarnya mengatakan hal yang berbeda.

Ataukah mungkin kita akan menggunakan kekuatan cincin itu untuk menolong orang? Atau ketika kita sadar cincin ini bisa membuat kita berdosa maka kita akan langsung menghancurkannya? Frodo dalam novel fiksi The Lord of the Ring pernah mengalami dilema ini dan jatuh, walau akhirnya berhasil ditolong. Bagaimana kalau kita mengalaminya?

Kehadiran cincin Gyges ini adalah kasus ekstrim yang akan menelanjangi moral kita. Tetapi mungkin kita juga mengalami sedikit ketika kita sendirian. Apakah diri kita ketika sedang sendiri berbeda dengan diri kita ketika sedang bersama orang lain?

Mari merefleksikan moral kita, moral ketika tidak ditutupi dengan apapun, esensi moral kita.

Advertisements
Published in: on December 3, 2008 at 4:03 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://ricksensw.wordpress.com/2008/12/03/cincin-gyges/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: