Filsuf vs Tuhan (2)

Pada suatu hari Tuhan datang kepada seorang filsuf.

Tuhan:”Wahai filsuf, aku adalah Tuhan yang maha kasih, tahu,  penyayang, kuat”

Filsuf:”Hahhh…? Apakah aku tidak salah dengar? Lihatlah di dunia ini begitu banyak terjadi penderitaan, kelaparan, penyakit, pembunuhan, penyiksaan, dll. Masihkah engkau menyebut dirimu maha kasih dan penyayang? Kalau engkau maha kuat maka engkau bisa melenyapkan semuanya itu.”

Tuhan:”Aku  telah memberikan kepada kalian suatu kebebasan untuk melakukan kebaikan atau kejahatan, suatu free will.”

Filsuf:”Kalau begitu bukankah engkau bisa saja membuat kita merasakan lebih sedikit penderitaan? Engkau juga bisa memberikan kepada kami empati yang lebih besar supaya kami tidak melakukan kejahatan. Buatlah alam ini lebih tidak kejam. Tentu saja engkau bisa melakukan ini karena engkau mengaku sebagai maha kuat dan maha kuasa.”

Tuhan:”Kalau aku membuat kalian merasakan lebih sedikit penderitaan, maka tentu saja kalian akan merasakan lebih banyak kesenangan. Tetapi hal itu akan membuat kalian lari pada kesenangan dan membuat kalian lebih jauh daripadaKu. Sehingga pada akhirnya kalian akan menderita kekal karena terpisah dariKu. Aku tidak melakukannya karena itu berarti membuat kalian lebih menderita lagi (untuk selamanya) dan aku sangat benci melihat penderitaan. Kedua, engkau ingin aku memberikan empati yang lebih besar? Bukankah engkau mempunyai pilihan untuk melakukan kebaikan atau kejahatan? Kalau aku memaksa kalian untuk melakukan kebaikan dengan cara memberikan empati yang lebih besar, maka itu sama saja dengan mengambil free will kalian. Sekali lagi aku tidak mau melakukan hal itu karena itu sama saja dengan mengambil kemauan kalian untuk mengasihiKu dengan sukarela. Pada akhirnya dunia akan penuh dengan robot yang melakukan kebaikan. Free will adalah hal indah yang aku berikan kepada kalian. Apakah engkau telah memilih untuk mengasihiKu?”

Advertisements
Published in: on December 10, 2008 at 2:46 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://ricksensw.wordpress.com/2008/12/10/filsuf-vs-tuhan-2/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: