Hukum

Dimana-mana negara membuat hukum dan peraturan untuk meregulasi masyarakatnya. Darimana mereka mendapatkan ilham untuk menyusun hukum negara tersebut? Sesuatu untuk membuat hidup manusia baik, bahagia, teratur?

Bagaimana dengan Jerman pada zaman perang dunia? Jerman dibawah Hitler membuat hukum negaranya sendiri, mendidik anak-anak muda di sekolah bahwa ras Arya adalah yang paling unggul, dan bahwa diperlukan pemurnian ras agar diciptakan manusia yang paling unggul. Negara ini membuat rakyatnya membunuh begitu banyak orang Yahudi agar ras mereka menjadi yang paling unggul. Apakah itu hukum?

Kalau hukum adalah sesuatu yang relatif, apakah yang mendorong negara-negara di seluruh dunia untuk mengutuk dan maju mengadili Jerman pada saat itu? Sepertinya seluruh dunia setuju bahwa ada hukum yang objektif, yang bukan diciptakan oleh manusia tetapi ada di dalam hati manusia itu sendiri. Apakah ini adalah salah dari Hitler yang mendidik generasi muda Jerman untuk menyetujui konsep ini? Kalau ini benar maka hukum dibentuk melalui lingkungan, pendidikan, dan kebudayaan. Terlebih lagi orang-orang yang melakukan pembantaian ini tidak bersalah karena hukum mereka menyatakan pemurnian ras(pembantaian) adalah benar. Kalau kita tidak mempunyai hukum yang berada di atas otoritas manusia, maka negara sekutu tidak berhak untuk menyerang Jerman demi menyelamatkan pembantaian. Ya, mereka tidak berhak kecuali kalau mereka datang dalam otoritas hukum universal objektif. Dan dengan adanya hukum inilah kita bisa menyatakan tindakan seseorang benar atau salah. Kalau hukum universal ini absent, sepertinya dunia akan penuh dengan berbagai kriminalitas karena kita bisa melakukan apapun dan menyatakan hal itu sebagai benar menurut hukum kita sendiri. Di Alkitab tertulis:

Roma 2:14-15:
Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri. Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.

Ada suatu hukum yang tertulis di dalam hati manusia, hukum Tuhan itu sendiri. Bukankah hal ini juga menunjukkan ada suatu pribadi (memiliki kepribadian) yang menuntut umat manusia untuk menuruti hukumnya yang ditulis di dalam hati mereka? Bukankah kalau begitu pribadi ini adalah pencipta manusia karena hanya penciptalah yang bisa menulis hukum ini dalam hati manusia? Kalau dia adalah suatu pribadi berarti dia ingin mempunyai hubungan pribadi dengan ciptaannya dan mengatur jalannya kehidupan manusia.

Simaklah sebagian dari Declaration of Independence dari Amerika:

We hold these truths to be self-evident, that all men are created equal, that they are endowed by their Creator with certain unalienable Rights, that among these are Life, Liberty and the pursuit of Happiness. — That to secure these rights, Governments are instituted among Men, deriving their just powers from the consent of the governed, — 

Pemerintah diciptakan untuk menjaga hak manusia yang diberikan Tuhan, bukan untuk membuat hukum yang menyatakan dan megakui hak manusia tertentu. Saat ini karena pandangan relativisme dan subjektivisme, hukum menjadi hancur seperti yang banyak terjadi di berbagai negara. Bukankah sudah saatnya kembali kepada esens dari deklarasi ini?

Advertisements
Published in: on January 19, 2009 at 3:48 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://ricksensw.wordpress.com/2009/01/19/hukum/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: