Supernatural

Supernatural? Definisi yang akan kita gunakan untuk kata ini adalah sesuatu yang berada di luar natural (alam), contohnya seperti mukjizat.

Dunia ada beserta segala penghuninya, termasuk kita manusia. Apakah kita cuma sekadar ‘binatang dengan volume otak besar’ yang menguasai bumi ini? Hasil evolusi yang paling sukses untuk bertahan di alam? Kalau itu benar berarti segala sesuatu yang ada adalah hal natural. Apakah ada sesuatu yang di luar alam atau sesuatu yang supernatural itu?

Sekarang asumsikan bahwa tidak ada hal yang supernatural, yaitu segala sesuatunya berada dalam sistem alam (natural). Hal ini bisa dianalogikan seperti orang yang tinggal di daerah pedalaman, terisolasi dari dunia luar. Orang-orang di daerah pedalaman itu tentu saja tidak akan pernah tahu bahwa ada peradaban di luar daerah/pulau  mereka. Mereka berpikir bahwa dunia itu hanyalah sebatas tempat kecil dimana mereka berdiam. Pada suatu hari masyarakat di daerah tersebut melihat sebuah benda kotak besar jatuh. Mereka berpikir bahwa ini adalah hadiah dari Tuhan, padahal kejadian sebenarnya adalah ada pesawat barang yang secara tidak sengaja menjatuhkan kargo mereka. Pada suatu hari ada seorang dari perkotaan modern yang memberitahu mereka tentang adanya dunia luar selain wilayah mereka, membukakan pikiran mereka.

Kargo itu adalah mukjizat bagi mereka, sesuatu yang di luar ‘dunia’ mereka. Dan mereka tidak akan pernah tahu dari mana asal-usulnya sampai ada orang perkotaan modern  yang pergi ke sana dan memberitahu mereka tentang dunia luar.

Sekarang mari memperbesar lingkup analogi ini. Di dunia ini, kita seperti orang di daerah pedalaman itu, dimana pedalaman adalah dunia natural kita. Barang kargo yang jatuh di daerah pedalaman tersebut adalah seperti mukjizat yang beberapa orang alami atau dengar atau lihat atau bahkan rasakan.

Kalau seandainya dunia luar tersebut tidaklah ada, maka tentu tidak pernah akan ada orang yang membicarakannya karena mereka tidak tahu apa-apa sama sekali. Begitu juga kalau seandainya hal supernatural tidak ada, maka tidak akan pernah kita bicarakan atau dengar tentang hal supernatural (dan tidak ada tulisan yang sedang engkau baca saat ini). Hal ini disebabkan karena orang daerah pedalaman tersebut tidak mempunyai kabar apapun dari dunia luar, kecuali kargo jatuh yang mungkin dapat membuat mereka berpikir tentang adanya dunia luar. Tetapi kargo jatuh saja tidaklah cukup meyakinkan. Kalau ada orang perkotaan modern yang datang memberitahu mereka barulah mereka yakin bahwa ada orang lain di luar ‘dunia’ mereka. Dan orang perkotaan modern yang datang ke pedalaman tersebut untuk menceritakan tentang dunia luar tidak lain adalah Tuhan yang memberitahu kita tentang hal supernatural (surga, neraka, pengorbanan, dsb). 

Bedakanlah mitos yang beredar di daerah pedalaman tersebut dengan ‘dunia luar’ yang benar-benar ada. Mungkin ada mitos di daerah pedalaman tersebut tentang adanya monster, burung besi (kita tahu itu pesawat), dewa marah, atau mitos apapun yang beredar di wilayah mereka. Hal tersebut tidaklah dapat dipercaya. Begitu pula halnya sistem kepercayaan yang dibentuk oleh dunia natural kita tidaklah dapat dipercaya karena kita belum dapat melihat/pergi ke dunia luar itu. Harus ada seseorang dari ‘dunia luar’  tersebut yang memberitahu kita tentang ‘dunia luar’ (hal supernatural) itu. Sepertinya sejarah cuma mencatat 1 orang yang mengaku berasal dari Kerajaan Surga, 100% Tuhan dan 100% manusia, datang ke bumi untuk mati, menebus dan menyelamatkan manusia, menyebarkan kabar baik, melakukan banyak mukjizat, dan menyadarkan kita tentang adanya hal supernatural seperti mukjizat, surga, neraka, dll.

Advertisements
Published in: on January 22, 2009 at 3:14 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://ricksensw.wordpress.com/2009/01/22/supernatural/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: