Pelajaran dari Paradoks Zeno

Achilles akan berlomba dengan seekor kura-kura. Dia yakin sekali akan menang, maka dari itu ketika perlombaan dimulai, dia membiarkan si kura-kura terlebih dahulu selama 5 menit dan barulah dia akan menyusul. 5 menit berlalu… Achilles mulai lari dan berusaha maju ke tempat si kura-kura sekarang. Tapi ketika dia sampai di tempat itu, tentu saja kura-kura sudah membuat beberapa langkah lagi, sehingga untuk menyusulnya Achilles harus menyusul ke tempat kura-kura itu sekarang. Dia sampai ke tempat kura-kura itu, dan sekali lagi si kura-kura sudah melangkah maju dari tempatnya yang tadi sehingga Achilles harus menyusulnya ke tempatnya yang baru sekarang. Yang perlu dilakukan si kura-kura hanyalah tetap melangkah maju dan Achilles hanya bisa menyusulnya (sangat dekat) tapi tidak akan pernah bisa melebihi si kura-kura. Pada akhirnya kura-kura menang.

Moral dari cerita ini:
Jangan membatasi dirimu karena batasmu adalah dirimu sendiri.

Seorang pelari akan memulai suatu lomba 100 m. Dia melihat jalur yang harus ditempuhnya. Untuk menyelesaikan lomba ini dia harus sampai ke titik tengah jalur tersebut (50 m), setelah itu dia akan berlari lagi dan mencapai titik tengah selanjutnya (25 m). Dia semakin mendekati jalur finish, dan dia berlari ke titik tengah selanjutnya (12.5 m). Lalu ke titik tengah selanjutnya (6.25 m) dan dia hampir menyelesaikan perlombaan ini. Dia meneruskan perjalanan menuju setiap titik tengah, tetapi dia tidak pernah mencapai finish karena jaraknya dibagi dua secara terus menerus tidak akan pernah menjadi nol (0 m). Ya, untuk mencapai garis finish dia membutuhkan waktu tak terhingga, tetapi di alam semesta ini tidak ada yang namanya tak terhingga sehingga dia tidak akan pernah dapat mencapai finish.

Moral dari cerita ini:
Ketika engkau setengah-setengah dalam melakukan sesuatu, engkau tidak akan mencapai tujuan akhirnya. Tetapi kalau dari awal si pelari berpikir untuk sampai ke garis finish dan bukan ke titik tengah, maka dia akan mencapai garis finish tersebut. 

Advertisements
Published in: on February 26, 2009 at 5:19 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://ricksensw.wordpress.com/2009/02/26/pelajaran-dari-paradoks-zeno/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: