Iman versus Rasio

Banyak orang yang membuat dua hal ini (iman dan rasio) menjadi hal yang bertolak belakang satu sama lain. Ketika kita beriman terhadap sesuatu maka kita membuang semua rasio kita. Ketika kita menggunakan rasio kita maka iman kita pudar. Apakah benar bahwa iman adalah iman buta tanpa dasar rasio? Apakah rational faith adalah suatu oxymoron?

Bayangkanlah kita mempunyai suatu penyakit parah dan perlu dioperasi. Operasi ini cukup sulit dilakukan dan banyak dokter ahli yang gagal melakukannya. Apakah yang akan kita lakukan? Karena kita ingin sembuh dan mempertahankan hidup, maka kita akan mencari tahu sebanyak-banyaknya tentang penyakit ini dan mencari dokter terbaik yang paling ahli dalam penyakit ini. Akhirnya kita menemukan informasi tentang seorang dokter yang terkenal ahli melakukan operasi ini. Dia menjamin hasil operasinya akan 100% berhasil walaupun dokter-dokter yang lain tidak berani menjamin sedikitpun. Teman-teman kita juga ada beberapa yang pernah terkena penyakit ini dan memberikan kesaksian tentang kesembuhan mereka lewat dokter ini. Dengan berbagai informasi ini kita akhirnya datang mencari sang dokter.

Demikian jugalah ketika kita ingin mencari Tuhan yang benar, maka kita perlu mencari tahu tentang Tuhan mana yang bisa menyembuhkan penyakit kita (yang tidak lain adalah dosa). Lewat banyak argumen-argumen yang mendukung dan kesaksian-kesaksian orang yang telah dipulihkan, kita menggunakan rasio kita ketika memilih sang dokter untuk menyembuhkan kita. Inilah peran rasio, yaitu memilih Tuhan yang masuk akal, benar, menerangkan, menyembuhkan, dan mengubah hidup.

Selanjutnya, kita menetapkan dokter ini untuk melakukan operasi pada kita maka kita. Ketika kita diberikan perawatan awal yang mungkin menyakitkan kita, kita punya iman bahwa ini adalah untuk kebaikan kita. Ketika kita dibius, kita menaruh iman pada apapun yang akan dilakukan dokter ini ketika operasi berjalan.

Demikian jugalah ketika kita telah memilih Tuhan yang benar dengan rasio kita, kita menaruh iman sepenuhnya pada Tuhan ini untuk mengoperasi kita dan menyembuhkan dosa kita. Mungkin kadang kita tidak tahu alasan di balik beberapa hal yang terjadi pada kita (misalnya penderitaan), doa yang belum dijawab, etc. tetapi kita menaruh iman bahwa segala sesuatu adalah untuk kebaikan kita dan ada waktunya sendiri dari Tuhan. Ini semua karena pengetahuan dan hikmat Tuhan jauh diatas kita sehingga tentu banyak hal yang tidak kita mengerti. Kalau kita mengerti semua hal maka “Tuhan” bukanlah Tuhan. Sama seperti pengetahuan dan pengalaman dokter (dalam analogi sebelumnya) tentang penyakit tersebut jauh melebihi kita. Inilah peran iman, yaitu berserah sepenuhnya.

Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia. (Ibrani 11:6)

Inilah rational faith, yaitu iman dan rasio yang berjalan harmonis (intertwined together).

Iman tanpa rasio adalah seperti orang yang menembak jawaban dalam pilihan berganda (memilih asal dari 5 pilihan a,b,c,d,e) dengan iman bahwa jawaban yang ditembaknya betul. Ada kemungkinan betul tetapi ada juga kemungkinan salah.

Rasio tanpa iman adalah seperti orang yang memilih jawaban dalam pilihan berganda (dengan pertimbangan), tetapi kemudian tidak jadi memilih karena tidak beriman bahwa jawabannya betul (tanpa iman=tanpa perbuatan).

Iman dengan rasio adalah seperti orang yang memilih jawaban dalam pilihan berganda (dengan pertimbangan), dan memilih jawaban tersebut dengan yakin (iman dengan perbuatan).

Advertisements
Published in: on May 7, 2009 at 3:24 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://ricksensw.wordpress.com/2009/05/07/iman-versus-rasio/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: